Even Organizer

EVENT ORGANIZER (EO)
Sepertinay bisnis event organizer memang tidak akan pernah mati. Semakin hari semakin banyak bermunculan perusahaan yang bergerak di bidang ini.
EO ini adalah sebuah jasa yang bertujuan untuk mempermudahkan orang menyelenggarakan kejadian atau acara, seperti pamean, seminar, ulang tahun, atau pun pernikahan. Kalau anda memang berminat terjun di bidang ini, sangat di sarankan memiliki kemamapuan berkomunikasi yang baik ( lisan dan administrasi), banyak relasi dan jam kerja yang fleksibel.
Ada baiknya juga jika EO anda mengkhususkan diri di bidangnya karena sasaran atau target pasarnya jelas, sepwerti khusus EO untuk acara perkawinan atau pameran.
Beberapa hal yang harus di perhatikan dalam mengelola bisnis ini.

Lokasi

Pilihlah lokasi yang strategis sehingga usaha anda bisa di pandang lebih bonafide. Siapkan pula kartu nama atau brosur yang memuat tentang kemampuan dan jasa apa saja yang bisa anda tangani untuk membantu pelaksanaan suatu acara.

Pelanggan
Tentu saja pelanggan atau klien dari bisnis ini tergantung dari spesialisasi yang di ambil oleh EO ynag bersangkutan. Misalnya jika anda tertarik menangani pameran buku, maka klien anda adalah seluruh penerbit buku di Indonesia.
Mungkin sebagai langkah awal anda bisa muali mengenalkan jasa ini pada lingkungan sekitar anda, seperti tetangga sebelah rumah yang akan mengadakan hajatan pernikahan, ulang tahun, atau pun khitanan anaknya. Jika sudah punay beberapa portofolio acara, anda pun bisa mengikuti tender untuk beberapa proyek di acara yang akan di selenggarakan di berbagai perusahaan.

Tenaga Kerja
Orang-orang yang terlibat di dalam EO ini harus mnemilki kreativitas yang tinggi, banyak koneksi dan memilki reputasi yang baik. Maka dari itu, untuk terjun dalam bisnis ini anda bisa bekerja sama dengan orang yang sudah di kenal dengan baik. Karena di situ ada aspek penting yaitu kepercayaan.
Pada pelaksanaannya, kerja EO itu tergantung pada event yang di tangani. Arinya tidak setiap bulan ada, jadi sebaiknya anda mempekerjakan karyawan dengan sistem pembayaran per acara yang di selenggarakan. Meka ini di sebut sebagai karyawan part time, ada acara mereka di bayar dan tidak ada acara mereka bebas.

Modal Kerja
Modal dasar dari profesi ini adalah kemampuan dalam mendesain sebuah acara sesuai dengan keinginan dan anggaran klien. Memilki reputasi kualitas yang baik adalah modal dasar untuk menyelenggarakan bisnis ini dan bisa di katakan sudah hampir tidak bisa terkalahkan lagi karena mereka sudah di kenal baik, tidak hanya sekedar terkenal.
Ada pun sistem pembayaran biasanya terbagi dalam beberapa tahap, misalnya pembayaran I 30 %, pada hari H 30 %, dan sisanya setelah acara selesai. Anda juga harus memilki bebeapa set property untuk mendukung pelaksanaan sebuah event. Biayanyan memang cukup mahal bahkan bisa berkisar sampai ratusan juta. Tapi sebagai pemula, anda bisa saja bekerja sama dengan EO lain yang sudah cukup berpengalaman.

Faktor Risiko
Gagalnya suatu EO bisa di lihat dari kemampuan mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi. Misalnya transportasi, hotel peserta bahkan kekurangan dari tempat makan yang sebelumnya tidak di pikirkan. Bisa jadi sarana lainnya sudah baik, tapi masalah konsumsi yang kurang sehingga peserta harus merogoh kantongnya sendiri untuk membeli makanan di luar. Hal-hal seperti ini lah yang seharusnya sudah mendapat perhatian dari tim kerja EO.