EVENT ORGANIZER (EO)
Sepertinay
bisnis event organizer memang tidak akan pernah mati. Semakin hari
semakin banyak bermunculan perusahaan yang bergerak di bidang ini.
EO
ini adalah sebuah jasa yang bertujuan untuk mempermudahkan orang
menyelenggarakan kejadian atau acara, seperti pamean, seminar, ulang
tahun, atau pun pernikahan. Kalau anda memang berminat terjun di bidang
ini, sangat di sarankan memiliki kemamapuan berkomunikasi yang baik (
lisan dan administrasi), banyak relasi dan jam kerja yang fleksibel.
Ada
baiknya juga jika EO anda mengkhususkan diri di bidangnya karena
sasaran atau target pasarnya jelas, sepwerti khusus EO untuk acara
perkawinan atau pameran.
Beberapa hal yang harus di perhatikan dalam mengelola bisnis ini.
Lokasi
Pilihlah
lokasi yang strategis sehingga usaha anda bisa di pandang lebih
bonafide. Siapkan pula kartu nama atau brosur yang memuat tentang
kemampuan dan jasa apa saja yang bisa anda tangani untuk membantu
pelaksanaan suatu acara.
Pelanggan
Tentu saja pelanggan atau
klien dari bisnis ini tergantung dari spesialisasi yang di ambil oleh EO
ynag bersangkutan. Misalnya jika anda tertarik menangani pameran buku,
maka klien anda adalah seluruh penerbit buku di Indonesia.
Mungkin
sebagai langkah awal anda bisa muali mengenalkan jasa ini pada
lingkungan sekitar anda, seperti tetangga sebelah rumah yang akan
mengadakan hajatan pernikahan, ulang tahun, atau pun khitanan anaknya.
Jika sudah punay beberapa portofolio acara, anda pun bisa mengikuti
tender untuk beberapa proyek di acara yang akan di selenggarakan di
berbagai perusahaan.
Tenaga Kerja
Orang-orang yang terlibat di
dalam EO ini harus mnemilki kreativitas yang tinggi, banyak koneksi dan
memilki reputasi yang baik. Maka dari itu, untuk terjun dalam bisnis
ini anda bisa bekerja sama dengan orang yang sudah di kenal dengan baik.
Karena di situ ada aspek penting yaitu kepercayaan.
Pada
pelaksanaannya, kerja EO itu tergantung pada event yang di tangani.
Arinya tidak setiap bulan ada, jadi sebaiknya anda mempekerjakan
karyawan dengan sistem pembayaran per acara yang di selenggarakan. Meka
ini di sebut sebagai karyawan part time, ada acara mereka di bayar dan
tidak ada acara mereka bebas.
Modal Kerja
Modal dasar dari
profesi ini adalah kemampuan dalam mendesain sebuah acara sesuai dengan
keinginan dan anggaran klien. Memilki reputasi kualitas yang baik adalah
modal dasar untuk menyelenggarakan bisnis ini dan bisa di katakan sudah
hampir tidak bisa terkalahkan lagi karena mereka sudah di kenal baik,
tidak hanya sekedar terkenal.
Ada pun sistem pembayaran biasanya
terbagi dalam beberapa tahap, misalnya pembayaran I 30 %, pada hari H 30
%, dan sisanya setelah acara selesai. Anda juga harus memilki bebeapa
set property untuk mendukung pelaksanaan sebuah event. Biayanyan memang
cukup mahal bahkan bisa berkisar sampai ratusan juta. Tapi sebagai
pemula, anda bisa saja bekerja sama dengan EO lain yang sudah cukup
berpengalaman.
Faktor Risiko
Gagalnya suatu EO bisa di lihat
dari kemampuan mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi. Misalnya
transportasi, hotel peserta bahkan kekurangan dari tempat makan yang
sebelumnya tidak di pikirkan. Bisa jadi sarana lainnya sudah baik, tapi
masalah konsumsi yang kurang sehingga peserta harus merogoh kantongnya
sendiri untuk membeli makanan di luar. Hal-hal seperti ini lah yang
seharusnya sudah mendapat perhatian dari tim kerja EO.